seputar SEO ONPAGE dan SEO OFFPAGE

Bookmark and Share
Hari ini Blog SEO akan berbagi sebuah informasi menarik dan penting untuk kamu seputar SEO ONPAGE dan SEO OFFPAGE beserta Optimasi SEO nya. Judul yang digunakan pada artikel ini adalah Apa itu SEO ON Page dan SEO OFF Page | Optimasi SEO Blogspot.


SEO On page dan SEO Off page

Pada dunia Blogging, kita sudah pasti tidak asing mendengar apa yang namanya SEO. Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya pada artikel Pengertian SEO, SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengoptimasi rank atau reputasi pada sebuah blog atau web untuk Search Engine, seperti Google, Yahoo!, Bing, dan lain-lain.

Nah, pada SEO ini terdapat dua jenis optimasi SEO yang perlu kamu ketahui, yaitu SEO ON Page dan SEO OFF Page. Kedua jenis SEO ini merupakan hal penting yang digunakan dalam optimasi seo sebuah blog atau web. Dibawah ini akan saya bahas satupersatu, mulai dari pengertian SEO On page dan SEO Off page dan Cara Optimasi SEO On page dan SEO Off page.

Pengertian SEO ON Page

SEO ON Page merupakan jenis atau teknik OPTIMASI SEO yang diterapkan pada halaman artikel blog atau web. Adapun unsur-unsur yang di optimasi pada halaman tersebut diantaranya:
1. Template Blog SEO Friendly
2. Tag Heading Dynamic
3. Penempatan Keyword
4. Kualitas, Kesegaran, dan Keoriginalan Artikel
5. Penggunaan Bold, Italic, dan Underlined pada artikel, khususnya pada keyword yang ingin dioptimasi
6. Meta Tag

Cara Optimasi SEO ON Page

1. Template Blog yang SEO Friendly
Jika kamu ingin memperkuat SEO pada blog atau web kamu, kamu harus mencoba dan memasang Template SEO Friendly pada blog kamu. Banyak pakar SEO yang menyarankan ini. Tetapi dari struktur template harus baik, buat design yang profesional agar pengunjung betah berlama-lama di blog kamu.

2. Pengaturan Tag Heading Dynamic Blog
Yang dimaksud tag heading blog dynamic adalah penempatan tag H1, H2, H3, H4, H5, dan H6 pada sebuah halaman blog. Silahkan pelajari bagaimana cara membuat tag heading dynamic pada blog DISINI.

3. Penempatan Keyword
Penempatan Keyword atau Keyword Density harus perlu diperhatikan. Jika kamu ingin menembak sebuah keyword dan membuat sebuah artikel yang dipenuhi keyword tanpa memperdulikan penempatan keyword, maka artikel yang kamu buat akan sia-sia, karena dianggap SPAM oleh Google. Pastikan taruh keyword di setiap paragraf minimal 1 maksimal 2.

4. Kualitas, Kesegaran, dan Keoriginalan Artikel Blog
Dalam aturan Google sekarang ini, konten atau artikel yang Fresh, Berkualitas, dan Original merupakan konten yang pasti diperlakukan baik oleh Google, seperti diberi rank yang bagus oleh Google pada SERP.

5. Penggunaan Bold, Italic, dan Underlined pada artikel, khususnya pada keyword
Cara ini merupakan cara yang paling sering digunakan oleh blogger sekarang. Tetapi cara ini juga banyak disalahgunakan, seperti penggunaan Bold yang berlebihan. Itu akan mengganggu para pengunjung untuk membaca artikel. Usahakan menggunakan Bold, Italic, dan Underlined seperlunya, buatlah artikel kamu tampak profesional.

6. Meta Tag
Pastikan blog kamu mempunyai title tag dan meta description yang berbeda di setiap halaman. Untuk cara menerapkannya, silahkan cari di Google dengan keyword "Cara membuat Meta Tag pada Blog".

Setelah mengoptimasi SEO ON Page pada artikel, saatnya kita menuju SEO OFF Page

Pengertian SEO OFF Page

SEO OFF Page merupakan jenis atau teknik OPTIMASI SEO yang kamu lakukan dibelakang layar. Tidak ada seorangpun yang tahu apa yang kamu lakukan untuk meng-optimasi seo off page blog. Tujuan dari optimisasi Offpage adalah membuat robot merasakan blog kamu berautoritas, dan membuat semakin banyak orang yang menemukan blog kamu.

Adapun unsur yang dioptimasi dalam SEO OFF Page hanya satu, yakni Mencari dan mendapatkan backlink berkualitas.

Cara Optimasi SEO OFF Page

1. Mencari dan mendapatkan "Backlink Berkualitas"
Seperti yang sudah dibahas pada artikel membuat blog SEO friendly, backlink merupakan indikator utama dalam perhitungan pencarian hasil di Search Engine. Google sangat suka backlink yang berkualitas dan relevan. Tetapi Google tidak suka apabila backlink yang kamu dapatkan berlebihan. Misalnya, kamu mempunyai blog baru, lalu kamu beri 5000 backlink ke blog baru tersebut, maka Robot akan menandai blog tersebut dan bisa-bisa sudah dicap buruk oleh Robot. Jadi carilah backlink secara natural, minimal 50-100 backlink berkualitas perharinya. Lalu bagaimana cara mendapatkan backlink yang berkualitas?
- Submit blog ke web directory
- Submit blog ke social bookmark
- Berkomentar pada blog dofollow

Bagaimana dengan "backlink yang relevan"? Backlink yang relevan maksudnya adalah misalnya blog kamu bertema teknologi, dan blog kamu mendapat backlink dari situs bertema makanan, maka Google menilai backlink tersebut tidak relevan. Jadi cari lah backlink dari situs yang sejenis atau seniche agar reputasi blog kamu bagus di SERP. Dan sebagai hadiahnya, blog kamu akan mendapatkan Page Rank.

========

Nah, diatas sudah jelaskan panjang lebar mengenai pengertian SEO ON Page dan SEO OFF Page berserta cara optimasinya. Jika ada pertanyaan atau kesalahan pada artikel silahkan berkomentar, karena saya ini masih newbie dan belum cukup ilmu dalam dunia SEO.

Sekian dari saya tentang Apa itu SEO ON Page dan SEO OFF Page | Optimasi SEO Blogspot, semoga dapat bermanfaat. TERIMAKASIH!

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Comment here..please do not Junk Comment..Thanks

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails